Kamis, 28 Agustus 2014

INI PESAN MANTAN KAPOLDA PAPUA UNTUK JOKOWI

SUMBER: https://id.berita.yahoo.com/ini-pesan-mantan-kapolda-papua-untuk-jokowi-105650121.html

MERDEKA.COM. Mantan Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian menuangkan pemikiran dan unek-uneknya soal tugas di Papua yang baru saja dia tinggalkan. Lulusan Akpol terbaik ini banyak berharap pemerintahan baru Jokowi-JK untuk memperbaiki situasi di sana.

"Banyak konflik yang terjadi di sana, terutama konflik vertikal dengan bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di daerah-daerah yang sulit seperti gunung. Pemerintah perlu mapping yang tepat di mana daerah yang bergejolak kemudian memberikan treatment yang tepat," pesan Tito kepada Jokowi di Gedung PTIK, Jakarta, Kamis (28/8).


Yang patut menjadi pelajaran, menurut Tito adalah agresifnya gerakan separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) karena pemerintah tidak peduli dengan kesejahteraan mereka.


"Akar permasalahan di sana bukan ideologi tapi ekonomi pembangunan. Saya sudah datang di 42 kabupaten/kota di sana dan saya berdialog dengan masyarakat. Saya menangkap permasalahan yang paling diminta oleh mereka adalah pembangunan ekonomi yang dipercepat," tegasnya.
Meski telah mempunyai status otonomi khusus, kata Tito, uang dari pemerintah pusat malah dimakan oleh orang birokrasi di Papua.


"Yang menjadi masalah bahwa bagaimana meyakinkan anggaran-anggaran yang telah ada betul-betul digunakan untuk kesejahteraan masyarakat. Bukan untuk diselewengkan atau dikorupsi. Artinya pembinaan manajemen harus baik. Diperbaiki. Penegakan hukum dalam hal korupsi juga harus kuat," ungkapnya lagi.

Tidak ada komentar:

Kunjungan

THE BEST WAY TO LEARN IS TO SHARE

THE BEST WAY TO LEARN IS TO SHARE
الاالزين امنواوعملواالصلحت وتواصوابالحق وتواصواباصبر